Foto-Foto Pulau Indonesia Pada Jaman Dulu

Apakah anda pernah berfikir bagaimanakah keadaan Pulau Indonesia pada jaman dahulu? Nah kali ini saya akan mengangkat sebuah berita aneh tentang gambaran-gambaran Pulau Indonesia pada jaman dahulu. Tentu kita berfikir bahwa Indonesia pasti berubah dan berbeda dengan keadaanya pada jaman dahulu. Yah memang, Di bawah ini adalah kemungkinan gambaran dari pulau Indonesia pada jaman dahulu yagn dimana bentuk pulau Indonesia saat ini sangat berbeda.

Banyak cerita yang menyebabkan kenapa Pulau Indonesia mengalami pengecilan. Salah satu ceritanya yaitu disebabkan oleh banjir pada jaman Nabi Nuh AS. Sebenarnya pada jaman dahulu Pulau Indonesia bergabung menjadi satu dengan Benua Asia pada pulau bagian barat, sedangkan pada bagian timur bergabung dengan Benua Australia. Nah, untuk lebih jelasnya bagaimana keadaan Pulau Indonesia pada jaman dahulu berikut adalah foto-fotonya :

1. Pulau Sumatra


Nama lain dari Pulau Sumatera ini disebut juga dengan Andalas, atau Swarnadwipa (pulau emas), atau Swarnabhumi (tanah emas) yang merupakan pulau terbarat pada Negara Indonesia.

2. Pulau Jawa


Pulau Jawa merupakan pulau paling padat di Indonesia dan salah satu pulau terpadat di dunia. Sebagian besar rakyat Indonesia memilih untuk tinggal di Pulau Jawa karena dirasa lebih maju. Karena kesuburan tanah di Pulau Jawa ini Sir Thomas Stamford Raffles menulis sebuah buku berjudul The History of Java. Pulau Jawa juga dikenal dengan Jawadwipa (pulau padi).

3. Sunda Kecil


Daerah-daerah yang mencakup Sunda Kecil yaitu seperti Bali, NTT dan NTB. Dalam Sunda Kecil terkenal dengan keindahan alam yang sangat luar biasa.

4. Pulau Kalimantan


Pulau Kalimantan dalam beberapa naskah kuno Jawa disebut dengan nama Nusa Kencana. Sedangakan Patih Gajah Mada seniri menyebut Pulau Kalimantan dengan nama Tanjungpura. Selain itu Pulau Kalimantan juga dikenal dengan Warunadwipa (pulau dewa laut). Pulau Kalimantan terkenal dengan tambang dan hasil alamnya yang melimpah.

5. Pulau Sulawesi


Di dalam Pulau Sulawesi pernah diketemukan sebuah situs bersejarah, dan itu membuktikan bahwa Pulau Sukawesi sudah berpenghuni sejak ribuan tahun yang lalu. Pulau Sulawesi disebut juda dengan nama Celebes.

6. Pulau Maluku


Pulau ini merupakan penghasil rempah-rempah yang sangat terkenal pada zaman dahulu. Sesoteris III, Fir’aun dinasti ke-12 (4000 tahun lalu) pernah melakukan transaksi mengimpor dupa, kayu eboni, kemenyan, gading, dari daratan misterius bernama “Punt”. Meski dukungan arkeologis sangat kurang, “Punt” dapat diidentifikasi setelah Giorgio Buccellati menemukan wadah yang berisi benda seperti cengkih di Efrat tengah. Pada masa 1.700 SM itu, cengkih hanya terdapat di kepulauan Maluku, Indonesia. Pada abad pertengahan (sekitar 1600 Masehi) cengkeh pernah menjadi salah satu rempah yang paling popular dan mahal di Eropa, melebihi harga emas.

7. Papua


Banyak yang menyebut Papua sebagai suraga yang hilang karena pada Pulau ini menyimpan banyak misterius. Contohnya saja, Papua memiliki salju padahal Papua berada di wilayah tropis yang hanya memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan hujan. Selain itu juga Papua memiliki banyak jenis burung cendrawasih yang disebut juga dengan burung surga karena keindahan dari bulunya.

Nah itulah berita aneh tentang sebuah gambaran yang diyakini merupakan wujud dari Pulau Indonesia pada jaman dahulu. Betapa kaya dan indahnya Indonesia saat itu, namun sayangnya setiap tahunnya Indonesia semakin mengalami kemunduran karena semakin banyaknya sumber daya alam Indonesia yang dirusak hanya demi kepentingan sendiri. Semoga hal ini dapat cepat dibenahi agar anak cucu kita nanti dapat turut menikmati keindahan Indonesia yang sebenarnya.

One Response so far.

  1. wah pulau jawa seperti itu ya .. ntar kalo mau dipindahin kemana ya :)

Leave a Reply

    Blogger news

    Blogroll

    English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

    About