Bandara Paling Berbahaya Di Dunia

Di dunia ini terdapat berbagai macam bandara yang mempunyai keunikan dan keunggulan tersendiri. Seperti halnya bandara berikut ini yang mempunyai landasan paling berbahaya di dunia, dan tidak mudah bagi seorang pilot untuk mendaratkannya pesawat di bandara itu. Bandara paling berbahaya di dunia itu adalah sebagai berikut, seperti yang dikutip oleh Telegraph :

1. Saba, Karibia



Bandara ini merupakan bandara terpendek di dunia, karena hanya memiliki panjang 396,24 meter dan terletak di atas tebing pinggir laut. Bila seorang pilot tidak berhati-hati dalam mendaratkan pesawatnya maka pesawat itu bisa mendarat di laut.

2. Sea Ice Runway, Antartika



Bandara yang berada di atas lautan es di Pulau Ross, Antartika, ini memiliki panjang empat meter. Tidak semua pesawat bisa mendarat di bandara ini karena jika pesawat itu memiliki beban terlalu berat maka dapat  memecahkan es dan tenggelam ke dalam lautannya.

3. Bandara Tenzing-Hillary, Lukla, Nepal



Bandara ini terletak di sela-sela tebing Gunung Everest. Karena terletak di wilayah pegunungan, pendaratan pesawat harus ekstra hati-hati, juga akan sangat menegangkan karena pesawat harus meliuk-liuk menghindari pegunungan.

4. Funchal, Madeira, Portugal



Bandara satu ini disebut sebagai salah satu bandara paling berbahaya di dunia karena landasannya pendek dan terletak di tebing-tebing pinggir laut. Pada 1980, 131 orang tewas dalam Pesawat Boeing 727 yang jatuh ke laut karena gagal mendarat. Sejak saat itu, landasan ditambah panjangnya dengan membangun pilar-pilar melewati tebing. Meskipun sudah diperpanjang, landasan masih dianggap berbahaya dekat dengan laut.

5. Isle of Barra, Skotlandia



Bandara ini terletak di pantai, di pulau kecil Skotlandia. Tidak mudah untuk mendaratkan pesawat di bandara ini karena bandara ini jika air laut pasang maka landasannya akan tertutupi. Karena itu, pilot yang ingin mendaratkan pesawatnya di sini harus memerhitungkan waktu kapan laut pasang dan surut.

6. Bandara Internasional Toncontin, Honduras



Bandara ini terletak di tengah-tengah pemukiman padat penduduk. Meskipun sejak 2007 pemukiman di sekitar bandara dipindahkan agar area di sekitarnya kosong, namun pada 2008 di bandara ini terjadi insiden kecelakaan. Pesawat mendarat melewati landasan menuju pemukiman warga dan menabrak rumah serta orang-orang yang ada di jalan. Bentuk daerah pegunungan juga membuat tingkat pendaratan menjadi semakin sulit.

Itulah beberapa bandara paling berbahaya di dunia karena mempunyai resiko tinggi saat pesawat akan mendarat di bandara tersebut. Tidak semua pesawat bisa mendarat di tempat tersebut, dan juga perlu seorang pilot yang berpengalaman untuk dapat mendaratkan pesawat dengan keadaan bandara yang berbeda dari bandara pada umumnya.

Leave a Reply

    Blogger news

    Blogroll

    English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

    About