Tips Atasi Rasa Malu | Kumpulan Tips



Rasa malu pasti dimiliki oleh setiap orang, namun besar kecil dari rasa malu itu sangatlah berpengaruh terhadap kehidupan sehari-harinya. Jika anda mempunyai rasa malu yang berlebhi, pasti anda akan sulit untuk maju karena terlalu takut untuk memulainya. Berikut ini adalah tips atasi rasa malu yang dilansir Allwomensstalk.

Rasa malu merupakan sugesti dari sendiri, untuk itulah anda adalah faktor utama yang bisa merubahnya. Jika anda bingung untuk melakukan bagaimana mengurangi rasa malu itu, tips atasi rasa malu berikut ini bisa anda terapkan.

1. Fokuskan pada hal positif

Seorang pemalu biasanya sulit dan takut untuk menunjukkan gambaran atau sifat tentang dirinya. Untuk mengatasinya, ingatkan diri pada apa yang membuat anda cukup percaya diri. Seperti senyum, kecerdasan, dan karier anda, kemudian fokuskan ketiganya pada situasi sosial.

2. Bukan pusat perhatian

Anda harus menyadari bahwa anda bukanlah seseorang yang menjadi pusat perhatian. Dengan begitu, anda dapat melakukan hal apa saja yang ingin anda inginkan karena tidak akan ada yang mengamatinya.

3. Jangan mengecap diri anda pemalu

Anda ingin mengurangi rasa malu dalam diri anda, terlebih dahulu anda harus meyakinkan kepada diri anda sendiri bawa anda bukan pemalu. jika tidak itu hanya akan menjadi benteng untuk berhenti menjadi seorang pemalu.

4. Tenang

Saat kondisi anda dirasa canggung, sebaiknya yang harus anda lakukan yaitu tenang dan bernapas agar apa yang dia lakukan dapat lebih terarah, tidak terburu-buru, dan tidak melakukan hal yang ceroboh.

5. Jangan berusaha jadi yang sempurna

Anda pasti sudah tahu, tidak ada di bumi ini manusia yang sempurna, oleh karena itu janganlah terlalu menghawatirkan harapan seseorang untuk memaksa anda tampil sempurna.

6. Keluar dan hadapi

Secara teori mungkin anda bisa mengerti, tapi coba untuk praktekkan dalam keseharian anda. Cobalah untuk melatih atau bersosialisasi dengan orang yang baru anda kenal dengan cara yang benar juga tentunya.

7. Belajar menerima pujian dan penolakan

Cara terbaik untuk menerima pujian ialah tersenyum dan mengucapkan terima kasih, sangat simpel bukan? Bagaimana dengan penolakan? Terima dengan lapang dada agar tidak berdampak lebih buruk pada diri Anda.

8. Belajar dari kesalahan

Pengalaman adalah guru terbaik, jika anda rasa yang sudah dilakukan untuk mengatasi rasa malu masih salah ada baiknya anda jadikan itu pelajaran.

9. Dukungan

Minta dukungan orang terdekat untuk membantu anda mengatasi rasa malu. Biarkan dia tahu rencana anda dan kapan anda membutuhkan dukungannya. Semisal, dalam waktu dekat dia dapat menemani anda menghadiri acara kantor.

Itulah beberapa tips atasi rasa malu yang dapat anda gunakan jika anda merasa malu saat mencoba berhubungan atau bersosialisai dengan masyarakat. Semoga ini dapat berguna dan selamat mencoba.

Leave a Reply

    Blogger news

    Blogroll

    English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

    About