Hewan Terancam Punah Dunia

Mengenaskan ! Setiap tahun demi tahun semakin banyak aja hewan terancam punah di bumi ini. Apa yang sebenarna yang menyebabkan semakin bertambahnya kepunahan itu ?

Akhir-akhir ini World Wildlife Fund (WWF) telah menetapkan 10 hewan terancam punah di dunia yang harus dilindungi. Hewan-hewan itu harus mendapatkan perlakuan khusus seperti tidak boleh diburu atau dibunuh dan tidak dirusak habitat tempat mereka hidup.

Beberapa hewan yang terancam punah itu adalah :


1. Macan Tutul Salju



Hewan yang diperkirakan jumlahnya 6000 ekor ini dan terus berkurang di 12 negara, meripakan hewan yang harus mendapat perlakuan khusus. Faktor penyebab berkurangnya macan tutul salju ini terjadi karena diburu demi bulunya yang dijadikan bahan baku industri mode dan Pemanasan global juga ikut mempengaruhi habitat mereka tinggal.

2. Gorilla Gunung



Hewan yang tinggal di kawasan perbukitan atau pegunungan hutan hujan tropis-subtropis di Afrika ini juga semakin terpuruk populasinya. Semakin banyak orang memburu dan selain itu juga habitatnya semakin sempit karena penebangan liar.

3. Tuna Sirip Biru



Ikan yang populasinya ada di samudera atlantik ini populasinya juga semakin berkurang karena penangkapan berlebihan oleh beberapa negara yang mengkonsumsi ikan ini, seperti Jepang.

4. Harimau



Diperkirakan saat ini jumlah harimau di seluruh dunia tinggal 3.200 ekor, paling banyak tersebar di Asia Tenggara, India dan Rusia. 97 persen saat ini populasi harimau sudah punah karena perburuan oleh manusia, seperti harimau jawa dan bali yang sekarang sudah punah.

5. Vaquita



Hewan yang hidup di kawasan teluk California dan Meksiko ini keberadaannya juga harus punah karena jaring nelayan dan pencemaran limbah di daerah pesisir.

6. Penyu



Hewan yang bisa hidup hingga ratusan tahun ini keberadaanya juga menjadi perhatian karena semakin banyak orang memburu untuk dijadikan sate dan telurnya untuk dikonsumsi.

7. Lumba-Lumba Sungai



Lumba-lumba yang hidup di Sungai Mekong dan Sungai Malampaya Filipina ini hampir punah karena pencemaran limbah dan jaring nelayan.

8. Orang Utan Sumatera



Orang utan Sumatera merupakan saudara dari orang utan Kalimantan, bedanya orang utan Sumatera memiliki rambut berwarna coklat sedangkan Kalimantan berwarna Coklat kemerah-merahan.

9. Gajah Asia



Hewan besar ini semakin terancam kepunahannya karena hutan tempat mereka mencari makan dan beranak pinak terus dibabat. Tak hanya itu konflik dengan manusia juga menjadi faktor utama jumlah gajah Asia terus berkurang.

10. Badak Jawa



Badak Jawa adalah badak terkecil di dunia. Badak Jawa memiliki satu cula dan hidup di Ujung Kulon, Banten. Jumlahnya diperkirakan cuma puluhan ekor.

Itulah beberapa hewan yang populasinya semakin terancam punah di bumi ini. Seberapa pedulikah kita terhadap hewan terancam punah dunia tersebut ? Mereka adalah makhluk hidup yang mempunyai hak sama seperti halnya manusia yaitu hak untuk hidup.

Leave a Reply

    Blogger news

    Blogroll

    English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

    About